bisnisdigital.umsida.ac.id – Himpunan Mahasiswa Program Studi (prodi) Bisnis Digital (Himabig) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melaksanakan acara Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) di Villa Cahaya, Claket, selama dua hari, (04-05/11/2024).
Acara ini diselenggarakan untuk pelatihan lanjutan untuk mahasiswa baru yang bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan manajerial dalam mengelola organisasi kemahasiswaan (ormawa). Beberapa tamu undangan yang hadir dalam kegiatan ini yakni seluruh anggota Mahasiswa Baru Umsida sebanyak 91 orang, Kepala Program Studi (Kaprodi) Bisnis Digital, Dosen Pemateri serta Panitia Kegiatan sehingga menciptakan suasana yang penuh semangat dan kekeluargaan.
Dalam rangka acara ini, berbagai kegiatan dan acara menarik diadakan untuk memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa baru dan memperkuat solidaritas dan kekompakan di antara mereka.
Setibanya di villa, Mahasiswa baru Bisnis Digital Umsida berbaris sesuai kelompok dan panitia memulai untuk pengecekan barang bawaan terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan istitahat, sholat, dan makan (ishoma).
Acara inti dimulai pada pukul 13.00 WIB dengan dilaksanakannya serangkaian acara yang diawali dengan sambutan oleh ketua pelaksana dan ketua umum hima bisnis digital lalu selanjutnya bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah.
Selanjutnya masuk ke materi pertama yaitu materi mengenai Personal Branding yang di isi oleh M. Safi’i, salah satu mahasiswa prodi bisnis digital semester 7, dan dilanjutkan dengan pembuatan yel-yel setiap kelompok mahasiswa baru
Setelah ishoma, penyampaian materi kedua oleh Bayu Hari Prasojo SSi MPd. Bayu menjelaskan pentingnya menempatkan komunikasi yang tepat dalam organisasi agar sesama anggota tidak adanya miskomunikasi. Setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian materi ketiga oleh Istian Kriya Almanfaluti SKom MKom yang berisikan tentang cara adaptasi dan penyesuaian lingkungan sosial di era digital. Materi yang telah disampaikan oleh ketiga pemateri tersebut diharapkan mahasiswa baru dapat berkomunikasi dengan baik dan memungkinkan mahasiswa untuk tetap mempelajari softskill yang relevan dan kompetitif di dunia yang semakin digital.
Acara berlanjut dengan lomba business plan dan kegiatan malam keakraban (makrab) yang dimana mahasiswa baru mempresentasikan hasil perencanaan bisnis yang telah dikerjakan dari hari sebelumnya. malam keakraban pun dimulai, yang disambut dengan api unggun dan bernyanyi bersama. Kemudian, panitia mengajak para mahasiswa baru bisnis digital Umsida untuk bermain game dan diiringi keceriaan, kebahagiaan serta merasakan kehangatan persahabatan antar mahasiswa selama acara tersebut.
“Semoga dengan acara LKMM-TD ini menjadi sarana yang memotivasi mahasiswa untuk terus berani berkreasi, terampil dan berkolaborasi dalam dunia bisnis digital. Kita harus tetap semangat, bertindak gigih dalam menciptakan kekompakan, kerja sama yang berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.” ujar Afifani selaku ketua hima bisnis digital dengan semangat.
Acara ini tidak hanya memberikan kesenangan dan keceriaan, tetapi juga memberi inspirasi bagi mahasiswa baru bisnis digital Umsida untuk terus kompak dan selalu berkreasi di era digital.
Penulis: Himpunan Mahasiswa Prodi Bisnis Digital