Himabig Umsida Sukses Mengadakan BISDIGFEST DESIGN WORKSHOP

bisnisdigital.umsida.ac.id – Himpunan Mahasiswa Program Studi Bisnis Digital (Himabig) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menggelar Workshop and Competition bertajuk “BISDIGFEST DESIGNGrow Your Business with Canva”. Acara ini berlangsung daring via Zoom pada Sabtu (26/07/2025).

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan kreativitas peserta dalam desain promosi produk di media sosial, meningkatkan kemampuan dalam bidang desain grafis, serta memperluas wawasan siswa/siswi SMA/SMK, mahasiswa, dan masyarakat umum dalam merancang media promosi yang efektif. Peserta yang hadir workshop kali ini juga dari berbagai kota, mulai dari Kota Sidoarjo, Surabaya, Mojokerto, dan bahkan dari Kota Bekasi.

Melalui materi dan kegiatan yang interaktif, acara ini juga ditujukan bagi peserta yang baru pertama kali mempromosikan produk maupun yang ingin meningkatkan kualitas desain promosi mereka, agar lebih mampu menarik perhatian pelanggan.

Kegiatan dimulai pada hari sabtu pukul 09.00 WIB, diawali dengan pembukaan dari MC (Master of Ceremony), kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia dan Mars Muhammadiyah. Beberapa sambutan dari Ketua Pelaksana Bisdigfest Design Workshop dan juga Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Bisnis Digital.

Selanjutnya, acara memasuki sesi materi utama yang disampaikan oleh salah satu kreator sekaligus salah satu dari Canva Verified Expert pertama di Indonesia, yakni Syammas P. Syabrini. Syammas menekankan pentingnya menggunakan dan memanfaatkan aplikasi Canva untuk mempromosikan produk.

“Canva tidak hanya untuk membuat desain jadi lebih menarik, tetapi bagaimana kita bisa buat untuk mempromosikan produk ke media sosial”. ujar Syammas.

Materi ini dirancang secara interaktif dan mengedepankan penerapan langsung dalam merancang promosi produk melalui media sosial. Salah satu fokus utamanya adalah pengenalan prinsip-prinsip dasar desain visual seperti Radial Balance, Two-Sided Layout, Pyramid, hingga Modular Layout, yang membantu peserta menyusun elemen desain secara harmonis dan menarik. Studi kasus dari brand besar seperti Teh Botol Sosro dan Nutella juga dihadirkan untuk memberi gambaran nyata bagaimana kekuatan visual branding diterapkan secara konsisten dan kreatif.

Selain itu, peserta diperkenalkan berbagai fitur penting dalam Canva, mulai dari penggunaan template, palet warna, efek teks, hingga pengaturan layout halaman. Tidak hanya itu, diperkenalkan pula fitur-fitur lanjutan seperti Whiteboard untuk kolaborasi real-time, serta plugin Canva seperti QR Code Generator dan Canva Sheets untuk kebutuhan presentasi data.

Peserta sangat antusias mengikuti workshop ini. Dari semua fitur yang ditawarkan oleh Canva, fitur yang paling menarik perhatian peserta adalah Canva Code. Canva code adalah sebuah fitur inovatif yang memungkinkan pengguna membuat elemen interaktif langsung dari desain Canva, seperti peta interaktif, timer, escape room edukatif, hingga kalkulator. Fitur ini membuka peluang baru dalam menciptakan konten visual yang tidak hanya estetik, tetapi juga fungsional dan menyenangkan.

Di akhir sesi, peserta diajak mengikuti tantangan kreatif berbasis fitur Canva Code, dengan kesempatan memenangkan hadiah e-wallet melalui karya desain interaktif yang diunggah ke media sosial. Para peserta sangat antusias dalam menyerap ilmu dan mencoba langsung praktik desain yang diberikan.

Penulis: Muhammad Tirto Adji