Bisnisdigital.umsida.ac.id – Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan disrupsi digital, pendekatan design thinking muncul sebagai strategi penting dalam membangun inovasi bisnis yang berkelanjutan. Hal ini menjadi fokus utama dalam buku “Design Thinking for Business” karya Istian Kriya Almanfaluti, SKom MKom, dosen Program Studi Bisnis Digital Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida). Melalui pendekatan multidisiplin, buku ini mengulas bagaimana design thinking tidak hanya sekadar metode kreatif dalam menghasilkan ide, tetapi juga kerangka strategis...Read More
Bisnisdigital.umsida.ac.id – FOMO, atau Fear of Missing Out (Rasa Takut Ketinggalan), adalah fenomena psikologis yang mengacu pada kecemasan seseorang akan kehilangan peluang atau pengalaman yang dianggap berharga. Dalam konteks dunia digital dan pemasaran, FOMO digunakan oleh perusahaan sebagai alat untuk mendorong konsumen agar segera mengambil keputusan pembelian tanpa menunda-nunda. Dalam era digital marketing yang semakin maju, fenomena FOMO menjadi salah satu strategi yang paling sering dimanfaatkan oleh merek untuk menarik...Read More
Bisnisdigital.umsida.ac.id – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia memegang peranan penting dalam perekonomian negara, berkontribusi lebih dari 60% terhadap PDB dan menyerap sekitar 97% tenaga kerja. Namun, tantangan besar dihadapi oleh UMKM di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital. Dalam guest lecture yang disampaikan oleh Bayu Hari Prasojo SE MM, dosen Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), di Fakultas Ekonomi dan Muamalat Universiti Sains Islam Malaysia...Read More
Bisnisdigital.umsida.ac.id – Dunia pemasaran digital kini sedang mengalami pergeseran besar. Jika dulu merek berlomba-lomba menggandeng selebritas media sosial dengan jutaan pengikut, kini arah angin berubah. Fenomena baru yang disebut micro-influencer mulai menarik perhatian banyak brand karena dinilai lebih efektif dalam membangun kepercayaan publik. Dengan jumlah pengikut yang tidak terlalu besar, sekitar 1.000 hingga 50.000 orang, mereka justru memiliki kedekatan dan pengaruh yang kuat di komunitasnya. Era Distrust dan Kebangkitan Keaslian...Read More
Bisnis.umsida.ac.id – Di era digital saat ini, media sosial menjadi salah satu alat paling efektif untuk mengembangkan bisnis, termasuk bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dosen Program Studi Bisnis Digital Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial (FBHIS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Alshaf Pebrianggara SE MM, mendapat kesempatan untuk menjadi narasumber dalam sesi guest lecture bertema “Social Media Marketing in MSMEs” di Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) pada Rabu (8/10/2025)....Read More
Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Donec sed odio dui. Etiam porta sem malesuada.